Curriculum Vitae

Manfaat Vitae

Membuat CV atau kepanjangan dari Curriculum Vitae emang sangat mudah, apalagi menurut sebagian kalangan pekerja yg sering pindah pindah tempat kerja atau hanya sekedar memperbarui CV, apalagi jaman sekarang sudah sangat lebih baik secara teknologi. Menurut news.okezone.com ada beberapa maat dari CV

1. Memiliki minat di luar akademik

Jika tujuan Anda untuk mendapatkan magang atau pekerjaan yang tidak berbayar, mungkin menjadi relawan bisa memperindah CV nanti. Pengalaman sebagai relawan menunjukkan minat dalam membangun komunitas.


2. Bisa menjadi alasan untuk mendapat pekerjaan

Pengalaman sebagai relawan menjadi penting tidak hanya untuk CV saja, tapi kadangkala pengalaman juga bisa membuka kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan.


3. Berharga untuk dunia usaha

Pekerjaan sebagai relawan menjadi penting sebagai pengalaman kerja ketika kesempatan kerja untuk kerja tersebut datang, khususnya pada dunia usaha.


4. Menunjukkan dedikasi sebagai pekerja

Pengalaman menjadi relawan adalah kesempatan untuk mahasiswa yang menunjukkan minat serta komitmen kepada perusahaan.


5. Membantu menjadi pribadi yang lebih baik

Menjadi relawan bisa membantu Anda untuk tumbuh dan mengembangkan kemampuan yang baru
.

6.Menunjukkan soft dan hard skill
Pengalaman sebagai relawan tidak hanya membuat lebih menonjol, tapi juga membantu mendapatkan keterampilan yang lain. Termasuk kemampuan berkomunikasi, tim, memecahkan masalah, dan kepemimpinan. 

https://news.okezone.com/read/2015/04/05/65/1129373/enam-manfaat-membuat-cv-berpengalaman-sebagai-relawan


Susunan Vitae

1.Data Diri
Tuliskan semua data diri anda yang sangat menarik dan menjadi pembeda di antara CV yang lain, karea CV yang sangat menarik akan membuat pemilik perusahaan atau lapangan pekerjaan lebih tertarik kepada anda.


2. Pernyataan Personal
Bagian kedua dari CV adalah penjelasan singkat tentang diri. Biasanya orang memberi judul About me atau Summary pada bagian ini. Di sini, Anda berkesempatan untuk menjual diri kepada perusahaan. Maka, pastikan Anda bisa menjawab pertanyaan Mengapa perusahaan harus mempekerjakan Anda?
Ada tiga bagian yang perlu Anda tuliskan pada bagian pernyataan personal. Pertama, tentang ‘siapa Anda’ yang memuat soal kepribadian diri yang berhubungan dan menunjang pekerjaan. Kemudian, Anda juga perlu menjawab ‘Apa yang bisa Anda tawarkan pada perusahaan?’ dengan menuliskan keahlian, kekuatan, dan prestasi kerja terkait pekerjaan yang ditawarkan.

3. Kualifikasi dan PendidikanRiwayat pendidikan harus diurutkan dengan kronologis terbalik. Tuliskan pendidikan Anda yang paling terakhir terlebih dahulu. Beberapa hal yang perlu dicantumkan yaitu nama institusi berikut lama waktu yang Anda habiskan untuk menuntut ilmu di tempat tersebut. Jangan lupa sertakan nama jurusan dan IPK yang Anda capai.Kalau Anda pernah mengikuti pelatihan dan mendapat sertifikasi yang relevan dengan pekerjaan yang ditawarkan, jangan ragu untuk mencantumkannya juga. Tuliskan nama lembaga penyelenggara pelatihan, nama pelatihan, dan tahun mengikuti pelatihan.

4. Pengalaman KerjaSeperti halnya pada bagian kualifikasi dan pendidikan, riwayat pekerjaan juga harus ditulis dalam kronologis terbalik. Biasanya, pekerjaan dan jabatan terakhir yang Anda pegang di perusahaan sebelumnya paling relevan dengan posisi yang dilamar.

5. Tambahan
Pada bagian ini, Anda bisa memamerkan beberapa keahlian dan kekuatan yang tidak sempat disebutkan pada pernyataan personal di atas. Selain keahlian terkait pekerjaan, Anda juga bisa menuliskan kemampuan berbahasa.
Apabila Anda menguasai lebih dari dua bahasa, maka bagian ini bisa ditulis terpisah dari daftar kekuatan dan keterampilan terkait pekerjaan. Sekali lagi, agar Anda bisa menyusun CV yang singkat, jelas, dan padat berisi, maka tidak perlu menuliskan semua keahlian yang dimiliki.
CV yang menarik bukan berarti harus dibuat dengan desain yang meriah. CV akan menarik perhatian HRD perusahaan jika Anda memasukkan dan menonjolkan semua keahlian dan pengalaman kerja yang sesuai dengan posisi yang ditawarkan.


https://news.okezone.com/read/2018/07/07/65/1919203/5-cara-buat-cv-yang-menarik-nomor-2-wajib-ditonjolkan?page=2

Isi CV
Apa yang menjadi catatn di sebuah CV hal sangat yang menentukan 




Komentar

Postingan Populer